Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Minggu, 11 Juni 2023

Belajar Menulis Uncle Den

Makna Perpisahan Kelas




Perpisahan kelas kali ini sangat berkesan. Perpisahan disuguhan dengan acara yang istimewa dan menarik. Perpisahan disuguhi hiburan dari siswa seperti tarian, kasidah, vokal grup dan acara lainnya. Tiga tahun bersama dalam kegiatan belajar mengajar, begitu banyak hikmah yang bisa diambil sehingga perpisahan ini penuh dengan makna.

Setelah kelulusan kelas siswa IX tahun ajaran 2022/2023. Pihak madrasah mengadakan acara perpisahan di MTsN Sumba Timur. Turut hadir Ketua Komite MTsN Sumba Timur, Kapendis Sumba Timur dan para wali murid.

Biasanya acara diadakan di dalam ruangan, tapi kali ini sangat berbeda. Acara berlangsung seru di halaman jadi lebih leluasa. Acara berlangsung  meriah dan sukses berkat kerjasama yang terpupuk dianatar semua guru dan tenaga pendidikan  terutama ketua panitia  Muhamad Icwan, S.E.

Acara ini juga melibatkan  para siswa dari pengurus OSIM. Acara dibuka oleh Fisilmi M. Yusuf dari kelas VIII B. Dengan menampilkan tarian Kandinga yaitu n tarian Sumba sebagai  penjemput tamu. Satu suguhan yang memikat hati para tamu dan undangan terbaca  dari raut wajah penuh suka cita.

Perpisahan MTS Sumba Timur (dokpri)

Gema kalam ilahi memecah keheningan pagi yang melantun merdu  dan menggugah hati yang dibaca oleh ananda Nur syafiah dari kelas VIII C. Membaca surah Al-Mujaddalah ayat 11 berisi tentang  anjuran untuk berlapang-lapanglah dalam majlis untuk menuntut ilmu. Allah SWT akan mengangkat derajat orang yang berilmu itu beberapa derajat. Itulah kemuliaan orang berilmu.

Baca juga : Wahyu Pertama Sebagai Dasar Baca-Tulis Silahkan Klik

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari bapak KUA teladan Kecamatan Kota Waingapau, Pak Ismail bin Ibrahim yang juga selaku ketua komite. yang isinya semacam  bentuk laporan atas program kerja dan hasil yang terealisasi dari program tersebut.

Beliau mengucapkan terimakasi kepada wali murid yang ikut melaksanakan program unggulan. Dari uang komite yang diterima digunakan untuk membeli 2 dan  mendukung kegiatan  keagamaan di laboratorium. agama. Dan program kedepannya adalah memaksimalkan Laboratorium IPA, menambah koleksi buku bacaan sebagai bahan literasi di perpustakaan sekolah.

Ucapan terimakasih  datang dari pak Mustamal, S.Pd.I selaku kepala Madrasah  dalam sambutannya kepada pengurus komite, guru-guru, dan tenaga kependidikan dan terutama orang tua/ wali murid selama 3 tahun berjuang untuk memberikan dukungan dan partisipasinya, Karena apa yang kita hasilkan hari ini berkat perjuangan kita bersama.  

Baca juga  : Menumbuhkan Minat Menulis Silahkan klik

Tak ketinggalan dalam acara ini hadir utusan dari kepala madrasah MAS Waingapu untuk memngadakan sosialisai penerimaan murid baru.

Pembacaan keputusan kelulusan oleh Wakamad Ibu Zainab. Semua dinyatakan lulus Kemudian persembahan lagu dari peserta didik sebagai ucapan terimakasi kepada guru dan orang tua.dilanjutkan dengan pembagian amplop secara simbolis oleh Kamad dan Wakamad kepada siswa atas nama Naufal dari kelas IX B dan Salsabiit  dari kelas IX C.

Selanjutnya  pembacaan juara umum dan lulusan terbaik. Diikuti acara hiburan antara lain kasidah dari kelas VII dan VIII tentang ajakan shalat.

Baca juga : Trik Menulis dan Menerbitkan Artikel Silahkan Klik

Kasidah berisi jika diberikan umur panjang maka shalatlah sebelum kita dishalatkan dalam keadaan terbujur kaku Berselimutkan kain putih. Karena shalat merupakan amalan yang pertama dihisab di hari akhir.

Berikutnya adalah tarian dari daerah Bima sambil membawa kipas. Sungguh kompak dalam gerakanya mengundang decak kagum para hadirin..

Acara  pengumuman kelulusan  dan perpisahan  siswa kelas IX kali dikemas oleh panitia secara istimewa. Acara tersebut melibatkan  para siswa dari pengurus OSIM. Acara dibuka oleh protokol atas nama Fisilmi M. Yusuf dari kelas VIII B.

Baca juga : Mengirim Artikel ke Media Massa Silahkan Klik

Acara semakin meriah ketika ditampilak tarian Kandinga. Merupakan tarian Sumba sebagai  penjemput tamu. Satu suguhan yang memikat hati para tamu dan undangan terbaca  dari raut wajah penuh suka cita.

Selanjutnya pesan singkat dari bapak yang biasa disapa Kamad MTsN ini  kepada orang tua/wali murid agar mengarahkan anaknya ke sekolah yang baik sehingga kelak tumbuh menjadi generasi kebanggaan bagi negara dan bangsa. Untuk siswa- siswi tetap semangat belajar bila melangkah ke jenjang yang lebih tinggi agar cita-citanya tercapai.

Tak ketinggalan perbaikan di Lab. komputer sebagai sarana pendukung kegiatan belajar sesuai tuntutan kurikulum di era serba digital ini. Rencana selanjutnya sebagai informasi awal bahwa ada satu keuangan yang ditambahkan yakni infaq jariyah pembangunan.

Baca juga : Latihan Menulis di Program Ramadhan Mahasiswa Silahkan Klik

Dalam kesempatan ini dikemukakan program unggulan seperti Pramuka, Dramband,  Unggul dalam olah raga  bola kaki dan futsal, dan memiliki program keagamaan  yaitu pidato 3 bahasa  serta berhasil dalam perlombaan KIR  Mayres dalam bimbinga Nur Jamilah merupakan alumni MTsN Sumba Timur.

Harapan akhirnya dalam sambutan tersebut adalah kerjasama yang terjalin hari ini akan menumbuhkan generasi yang dibanggakan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Semoga apa yang dilakukan mendapat ridho dari Allah SWT.


Penulis : Vitriah B. Laga (Guru MTsN Sumba Timur)

Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi kombisindonesia.com

**)  Rubrik opini di KOMBIS Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah sekitar 600 atau 700 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: belajarmenulisid@gmail.com

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi Kombis.



Motivasi Menulis oleh Dr. Amaliyah  Silahkan subscribed Youtube Kombis


KOMBIS BAGI-BAGI BUKU




Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :