Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Rabu, 14 Juni 2023

Belajar Menulis Uncle Den

Resensi Buku A+

 





Ananda Putri seorang novelis dari sebuah novel yang berjudul A+, gadis berusia 21 tahun asal kota Malang. Kini, ia sedang berkuliah di salah satu Perguruan Tinggi ternama di Malang yakni Universitas Brawijaya.


Sinopsis buku ini, cerita di awali dengan empat remaja yang bersaing secara ketat demi mendapatkan peringkat satu di SMA Bina Indonesia. Diantara tokoh-tokohnya yaitu :


1.       Re Dirgantara, peringkat pertama di SMA Bina Indonesia. Bukan murid kutu buku yang kalian bayangkan, karena dia lebih sering ikut tawuran dari pada ikut belajar di kelas.


2.      Kenan Aditya, peringkat kedua di SMA Bina Indonesia. Juara olimpiade, mantan ketua OSIS 1 tahun yang lalu, atlate basket, dan tentu saja mempunyai banyak penggemar wanita.


VBaca juga : Wahyu Pertama Sebagai Literasi Baca-Tulis


3.      Adinda Aletheia, peringkat ketiga di SMA Bina Indonesia. Sikapnya yang terkenal cukup arogan dan hoby nya yang selalu membuat onar sampai nyaris dikeluarkan dari sekolah karna kasus kekerasan. Cukup berbeda bukan dengan namanya yang anggun.


4.      Aurora Calista, peringkat keempat di SMA Bina Indonesia. Putri tunggal donatur sekolah, pemenang kompetisi balet Asian Grandprix, dan segala macam gelar lainnya. Sikapnya yang terkenal sok cantik, sok kaya, so populer, sok berkuasa membuat orang lain merasa terancam jika sudah berbuat masalah dengan Aurora.


Inti maslahnya adalah , Kalypso Dirgantari alias Kai seorang murid pindahan dari sekolah sebelah  harus berhadapan dengan empat orang gila. Hal ini gara-gara peringkat try out tiba-tiba tembus ke nomor satu.


Baca juga : Bacalah Dengan Menyebut Nama Tuhanmu


Kelebihan Buku


Novel A+ ini mempunyai kelebihan yang cukup berbeda dari novel-novel lainnya. Kebanyakan novel remaja lainnya menceritakan kisah Asmara cintanya dikala SMA, tapi novel A+ ini menceritakan tentang sekumpulan remaja yang berjuang untuk melawan sistem pararel sekolah.


Kalo kita lihat dari segi alur, dan segi tutur bahasanya yang  disampaikan sudah cukup  apik dan sederhana sehingga pembaca bisa lebih memahami dan bisa ikut serta kedalam alur ceritanya. Konflik kompleks dan permainan teka-teki yang disediakan membuat pembaca akan merasakan sensasi degdekan, penasaran, sedih, khawatir dan juga bahagia.


Baca juga : Bayar Satu Juta Supaya Mahir Menulis


Yang paling penting disini adalah bagaimana caranya penulis memasukkan pengetahuan – pengetahuan dalam narasi dan dialog tanpa adanya rasa kebosenan di dalam novel tersebut.

 

Kekurangan Buku


Novel A+ ini juga memliki kekurangannya tersendiri yaitu font tulisan yang terlalu kecil, terdapat bagian yang tersembunyi, epilog, kode batang dan bab tambahan yang harus dibaca dengan memindai kode batang yang telah tersedia di novel A+ ini, sehingga orang-orang yang membaca novel ini merasa tidak nyaman dan kehilangan kefokusan saat membaca novelnya karena harus bolak balik memindai kode batang.

 

Penulis : Siti Raudlatun Nahdliyah (Mahasiswi Ekonomi Syariah Unpam)

Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi kombisindonesia.com

**)  Rubrik opini di KOMBIS Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah sekitar 600 atau 700 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: belajarmenulisid@gmail.com

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi Kombis.

**) Bagi penulis yang artikelnya sering diterbitkan akan mendapat merchandise Kombis.






Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :