Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Rabu, 09 Februari 2022

Belajar Menulis Uncle Den

Strategi Manajemen Waktu dan Acara

 


Oleh : Deni Darmawan

Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia (Hima Sasindo) Universitas Pamulang menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO) di Pulau Situ Gintung 3 Cirendeu, Ciputat Timur pada Jum'at (14/1/2022) dengan judul ""Membangun Chemistry Bersama Wujudkan Visi". Kegiatan ini menghadirkan narasumber Deni Darmawan, seorang dosen dan penulis. Kegitan ini diikuti oleh mahasiswa Sasindo yang sudah lulus seleksi.

Dalam materinya, Deni menjelaskan tentang stategi manajemen waktu dan acara. "Sebagai mahasiswa, pekerja dan pengurus HIMA, maka kalian kita harus memenej waktu agar semua peran berjalan dengan baik. Waktu mempunyai karakteristik diantaranya, waktu itu cepat berlalu, waktu itu tidak bisa kembali dan waktu itu modal/aset manusia yang bernilai. Siapa yang mampu mengelolanya, maka ia akan sukses," ucap Deni yang juga menulis buku judul "Menulis itu gampang".

Lebih produktif untuk mencapai target dan tujuan yang efektif serta efisien. Meningkatkan kualitas diri dan untuk masa depan yang lebih baik. Jika kita memenej waku dengan baik, akan banyak keuntungan yang yang akan kita peroleh," ujar Deni penuh semangat.


Deni menambahkan, bahwa waktu yang diberikan Tuhan itu sama. "Semua manusia diberikan modal berupa waktu. 24 jam dalam sehari. Misalnya, kita gunakan 8 jam untuk tidur,  8 jam untuk bekerja/kuliah, 4 jam untuk mandi, makan, ibadah dan aktivitas lainnya, dan 4 jam lagi waktu santai untuk main game, media sosial, nongkrong, dsb. Bisakah kita gunakan waktu 4 jam yang santai itu untuk menambah kualitas diri kita," katanya penuh antusias.

Untuk strategi manajemen waktu, Deni menjelaskan satu persatu. "Pertama, menyusun kegiatan. Silahkan buat daftar dan tekniks checklist. Kedua, tingkatkan kegiatan berdasarkan prioritas. Kegiatan mana yang termasuk mendesak dan penting, tidak mendesak dan penting, mendesak dan tidak penting yang terakhir tidak mendesak dan tidak penting. Mana yang kalian prioritaskan sebagai mahasiswa. Kontrol waktu dengan membuat tanggal deadline, jangan menunda-nunda. Jika waktu dikelola dengan baik, maka peran anda sebagai mahasiswa, pekerja dan pengurus organisasi akan lancar" terangnya.

Begitu juga dengan strategi manajemen acara. "Jika dikaitkan dengan acara, maka gunakan proses manajemen. Pertama proses perencanaan dengan membuat penentuan acara, tujuan acara. Kedua proses pengorganisasia dengan cara membentuk panitia dan jobdesnya agar jelas dan tidak tumpang tindih. Ketiga proses penggerakkan, diantaranya panitia harus saling memotivasi, mengarahkan, memimpin, agar semua berfungsi sesuai tugasnya masing-masing. Terakhir, proses pengawasan diantaranya dengan memperbaiki, saling membantu dan mengevaluasi apakah tujuan tercapai," tutup Deni dengan memberikan buku kepada peserta yang aktif diskusi.


artikel ini juga bisa di aksen di kompasiana

https://www.kompasiana.com/denidarmawan/61e18be180a65a2d127a8c12/ldko-mahasiswa-strategi-manajemen-waktu-dan-acara

silahkan klik videonya



Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :