Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Rabu, 09 Februari 2022

Belajar Menulis Uncle Den

Webinar Penulisan Kreatif bagi Mahasiswa di Nusantara



Oleh : Ridha Wahyu Dian, Mahasiswi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang.

Bagi Mahasiswa Sastra Indonesia, penulisan kreatif merupakan mata kuliah yang wajib diikuti pada semester yang telah ditentukan. Karena bagi kami yang menelaah ilmu kesusastraan, dunia kepenulisan merupakan wadah untuk menyertakan ide dan gagasan, serta salah satu cara menorehkan karya sastra. Dalam penulisan kreatif, kita dibimbing untuk mampu menulis dengan baik dan kreatif, menciptakan sebuah karya yang berasal dari ide kreatif dan tidak plagiat, yang artinya menciptakan tulisan-tulisan baru yang kelak bermanfaat bagi orang banyak.

Masih tentang Penulisan kreatif, menulis dengan sastra bukan sekedar menulis syair dan puisi semata, novel dan cerpen pun bila ditulis dengan pemilihan diksi yang tepat akan semakin bagus dan menarik, Artikel dan opini di media online pun akan sedemikian bagus dan memberikan kesan “enak dibaca” sepertinya susunan kata akan semakin bermakna bila dilandaskan dengan sastra, apalagi sebuah tulisan kreatif yang tercipta dari hati.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, orang mencari kesibukan ketika di rumah saja, mulai dari mencari hobi baru, berkarya, dan memanfaatkan waktu luang. Berungtung bagi mereka yang tidak menyia-nyiakan waktu luang, dan  memanfaatkannya dengan belajar hal baru, apalagi jika dia sudah mengetahui tentang menulis kreatif, akan banyak tumpukan cerita, puisi, artikel, dan karya tulis lainnya yang bersifat fiksi dan tentunya menyuarakan perasaan di masa pandemi ini.



“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi jika tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” (Pramoedya Ananta Toer) kira-kira begitulah perkataan seorang Pramoedya, yang karya nya telah mendunia, dan abadi.

Lantas harus sekali tercipta penulis-penulis baru yang dapat menyumbangkan aspirasi dan inspirasi bagi generasi- generasi selanjutnya, begitu pun seterusnya.

Beruntung sekali, pada hari minggu lalu, tepatnya di tanggal 22 November 2020, Prodi Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan Webinar Penulisan Kreatif. Yang dilaksanakan secara online di aplikasi Zoom. Dengan para pembicara yang luar biasa, diantaranya : Ibu Nisak Ruwah I.H, S.Pd., M.Pd., Bapak Deni Darmawan, S.Sos. M.Pd.I, Ibu Vivi Iswanti N, S.Sos, M.M, Ibu Dr. Amaliyah, S.Ag., M.A, Bapak Khotib Arifai, S.E., M.M, Bapak Isnu Harjo Prayitno, S.H., M.H. Para pembicara ini diantaranya merupakan dosen dan penulis, juga terdapat Redaktur Media Visione,co.id dan Redaktur Media Tangselmedia.com.

Merupakan keberuntungan yang jarang sekali didapat untuk berbincang langsung, serta belajar dengan para senior yang ahli dalam bidang kepenulisan kreatif ini, dapat belajar Trik Menulis Buku, Trik Menulis Artikel Opini, Trik Menulis Jurnal, Trik Menulis Novel dan Syair, Menulis layaknya Jurnalis, serta mengetahui seperti apa tulisan yang layak terbit di media online. Perlu sekali dimengerti bagi para mahasiswa yang mengerti hakikat abadi dalam kepenulisan, hususnya orang-orang yang mengkaji kesusastraan, yaitu mereka yang bergerak langsung di bidang kepenulisan.

Webinar Kepenulisan kreatif ini merupakan karya nyata, dan pergerakan para penulis muda yang aktif dalam bidang masing-masing, untuk mengajak Mahasiswa di seluruh Indonesia agar mau dan mampu menyuarakan pendapat, ide dan inspirasi dalam sebuah karya tulis. Sekalipun dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom, tapi antusiasme peserta begitu terasa, ketika peserta webinar begitu banyak. Bersyukur, masih banyak dari kami yang ingin belajar kepenulisan kreatif ini.

Semoga kedepannya nanti, akan banyak lagi orang-orang yang bergerak dalam dunia kepenulisan, baik fiksi maupun opini, baik jurnalistik maupun sains, karena dengan tulisan kita mampu mengubah dunia. Maka dari itu tulislah tulisan yang baik dan memiliki manfaat bagi banyak orang.


 Materi bisa diakses disini


 



 

 

 

 

 

Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :