Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Sabtu, 21 Oktober 2023

Belajar Menulis Uncle Den

Urgensi Kolaborasi


SMPN 42 berkolabrasi dengan kepolisan (dokpri)

Penulis Gery Setyawan 

KOMBISINDONESIA. kita memasuki pembelajaran abad 21 selain memang kita sebagai guru dituntut untuk bisa menggunakan teknologi selain itu juga sekolah diharapkan mampu menjalin hubungan dengan pihak lain.

Karena kita semua menyadari bahwa kita tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain sehingga kita perlu melakukan kerja sama dan kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama. Seperti yang kita ketahui pengertian kolaborasi yaitu kerja sama antar dua pihak atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.

Kolaborasi saat ini begitu penting karena dengan adanya kolaborasi lembaga dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan bersifat saling menguntungkan.

Baca juga : Membaca dalam Kesibukan

Kolaborasi bisa digunakan dalam dunia pendidikan karena sekolah juga memerlukan bantuan sekolah atau lembaga lain. Kolaborasi dalam pendidikan bisa dimulai dari hal terkecil ketika kita berada di dalam kelas.

Guru bisa memberikan pengetahuan akan memberikan pengetahuan akan pentingnya kolaborasi dalam pembelajaran didalam kelas dengan memberikan tugas kelompok.

Dalam hal kolaborasi yang kita bisa lakukan didalam kelas dapat membentuk karakter siswa untuk terus melakukan sebuah kolaborasi daripada melakukan persaingan. Kita menyadari bahwa dimasa yang akan datang kolaborasi begitu sangat penting.

Baca juga : Menumbuhkan Minat Menulis

Sekolah sebagai lembaga pendidikan dapat berkolaborasi dengan pihak eksternal dapat membantu sekolah sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan karena setiap pihak memiliki keahlian dan pengalaman yang berbeda-beda ini bisa membuat sekolah belajar dari lembaga atau instansi lainnya.

Ini bisa membantu sekolah dalam  mengatasi masalah atau tantangan yang dihadapi dalam pendidikan sehingga memberikan berbagai solusi yang inovatif

Selain itu juga sekolah sebagai sebuah lembaga yang resmi bisa melakukan kolaborasi dengan lembaga atau instansi lain dalam berbagai bidang selama itu bisa bermanfaat bagi sekolah dan menambah kemajuan sekolah.

Baca juga : Hilangnya Fungsi Mendidik

Dengan kolaborasi sekolah dapat belajar tentang banyak hal dari lembaga lainnya. Sekolah sebagai lembaga pendidikan bisa saling menghargai dalam kolaborasi yang dilakukan dengan cara terbuka dan akan mendorong murid untuk selalu saling berbagi ilmu. Contohnya sekolah bisa berkolaborasi dengan lembaga lain dalam mengadakan berbagai kegiatan dengan sekolah lain ataupun dengan lembaga lainnya.

Bekerja secara kolaboratif dapat membantu sekolah untuk bisa menganalisis berbagai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh sekolah. Kolaborasi dapat membantu meningkatkan berbagai keterampilan terbaik serta dapat mengidentifikasi bagian mana yang memerlukan bantuan dari lembaga dengan keahlian berbeda. Sekolah dapat bekerja sama lebih baik untuk mengisi kesenjangan kompetensi.

Kolaborasi dapat meningkatkan hasil yang lebih maksimal jika sekolah bisa melibatkan berbagai lembaga atau instansi yang profesional dengan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki beragam diharapkan mampu membuat sekolah bisa lebih berkembang.

Baca juga : Wahyu Pertama Sebagai Literasi Baca-Tulis

 Lembaga lain dapat membuat kita bisa melihat dalam berbagai keahlian sehingga ketika kita dapat memanfaatkan keahlian banyak orang, kemungkinan besar kita juga akan menyelesaikan masalah lebih cepat dan mendorong hasil yang lebih baik dalam jangka panjang.

Terakhir penulis ingat ungkapan bahwa kompetisi membuat kita lebih cepat, kolaborasi membuat kita lebih baik, sehingga ini lah pentingnya sekolah melakukan kolaborasi.

Penulis adalah Hery Setyawan adalah Guru SMP Negeri 42 Jakarta / CGP Angkatan 8 Jakarta Utara.

Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi kombisindonesia.com

**)  Rubrik opini di KOMBIS Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah sekitar 600 atau 700 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: belajarmenulisid@gmail.com

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi Kombis.

**) Bagi penulis yang artikelnya sering diterbitkan akan mendapat merchandise Kombis.



Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 $type={blogger}:

Write $type={blogger}