Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Jumat, 18 Februari 2022

Belajar Menulis Uncle Den

Kombis Gelar Webinar Series 4 Dari Blog Menjadi Buku



    Komunitas Belajar Menulis atau yang biasa dikenal Kombis merupakan sebuah komunitas yang memberikan wadah bagi para penulis untuk mempelajari hal tentang menulis. Deni Darmawan, seorang penulis yang juga merupakan dosen Universitas Pamulang merupakan pendiri Komunitas Belajar Menulis atau Kombis. Komunitas Belajar Menulis atau Kombis sering mengadakan acara webinar yang bertujuan untuk mengajak para peserta untuk menulis dan mempelajari hal hal mengenai penulisan.

    Pada Sabtu, (19/2/2022), Kombis mengadakan acara webinar kembali yang ke 4 dengan judul “Dari Blog Menjadi Buku”. Deni Darmawan yang biasa disapa Uncle D, merupakan salah satu narasumber pada webinar series 4 kombis yang sekaligus merupakan pendiri Kombis dan penulis artikel diberbagai media online serta menulis beberapa buku. 

    “Blog merupakan media segudang manfaat. Dimana kita bisa menuliskan sebuah resume pada blog, yang nantikan bisa kita gabungkan sehingga menjadi sebuah buku. Menulis merupakan sebuah wadah untuk berbagi ilmu kepada para pembaca. Maka, lahirlah kombis yang merupakan sebuah komunitas untuk memberikan wadah bagi seseorang yang memiliki hobi menulis untuk belajar menulis. Hobi itu perlu dibangun dan kita akan memperoleh keuntungan dari menulis. Awali menulis blog sesuai dengan hobi yang kita miliki” ujar Uncle D.

    Tidak hanya Uncle D, Maesaroh atau yang biasa disapa May Dearly juga merupakan narasumber pada webinar kali ini. May Dearly, seorang penulis buku “Trik Jitu MenJadi Penulis Milenial” memberikan banyak pengetahuan dan motivasi kepada peseta webinar ini mengenai menulis pada blog.

    “Blog merupakan salah satu media yang easy going, yang bisa digunakan dan dimanfaatkan kapan saja. Menulis blog menggunakan Handphone lebih mudah. Seperti membuat akun menulis di wordpress dan lainnya. Blog bisa digunakan sebagai alat untuk mengekspresikan diri tanpa batas. Karena blog merupakan media yang jejak rekamnya abadi selama akun kita masih bisa digunakan dan tidak bermasalah. Karena blog merupakan perpustakaannya ilmu pengetahuan dan keranjang pengetahuan digital. Dimana blog mengirimkan sebuah pengetahuan yang bersifat komersil. Menjadi blogger ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Hasil dari blogger ini bisa mengantarkan kita menjadi seorang penulis. Kita bisa menabung tulisan pada blog sedikit demi sedikit, dengan membuat resume dalam satu tema yang nantinya akan digabungkan dan bisa menjadi sebuah buku. Maka hiduplah atas tulisan yang kita ciptakan” Jelas May Dearly saat memaparkan materinya.

    Phia Selfiarti yang sering disapa Mz Phia juga merupakan salah satu narasumber pada webinar kali ini, Mz Phia menjelaskan “Menulis itu merupakan hal yang sangat mudah. Namun jika kita tidak fokus, maka akan kehilangan ide untuk menulis dan kehilangan gairah untuk menulis. menulis akan membuat hidup kita berubah ketika kita konsisten dalam menulis. Menulis itu bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Hal yang pertama dilakukan yaitu mengumpulkan niat untuk menulis, kemudian mulai menulis melalui blog dengan menggunakan bahasa kita sendiri dengan tema yang sama dan menggunakan teknik parafrase, setelah semua tulisan terkumpul maka bisa diterbitkan menjadi sebuah buku. Cara menjadi penulis yang hebat yakni dengan menulis hari ini.”

    Tidak lupa juga, webinar series 4 kombis ini di moderatori oleh Dewi Sri Tunjungsari yang merupakan founder dan ketua dari Mengintipnusantara.org. Webinar ini berlangsung dengan baik dan antusiastisme para peserta untuk bertanya kepada narasumber mengenai materi pada webinar ini. Tentunya, bagi para penanya terbaik mendapatkan sebuah hadiah yang diberikan oleh Deni Darmawan dan Maesaroh selaku narasumber pada webinar ini berupa sebuah kaos dan sebuah buku.

Penulis : Lastri

Materi webinar "Dari Blog Menjadi Buku", Sabtu 19 Februari 2022

Silahkan klik

Blog to Book Oleh MayDearly

Blog Media Segudang Manfaat oleh Deni Darmawan





Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 $type={blogger}:

Write $type={blogger}
18 Februari 2022 pukul 23.27 delete

Luar biasa...Trimks Master2'l, atas share ilmunya

Reply
avatar