Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Senin, 09 Januari 2023

Belajar Menulis Uncle Den

Wijaya Kusumah : Gegara Menulis di Blog, Dapat Cuan Hingga Undangan ke Istana Presiden

Wijaya Kusumah

"Menulis setiap hari buktikan apa yang terjadi" begitulah mantra bin ajaib yang selalu dikatakan oleh Wijaya Kusumah atau sering di sapa Om Jay dalam sesi Pelatihan Belajar Menulis yang digelar pada Senin (9/1/2022) melalui group Whatsapp angkatan ke-28.


Om Jay menjelaskan, rahasia bisa menulis setiap hari adalah membaca setiap hari. "Rahasianya, jangan pernah bosa membaca. Saya selalu membaca tulisan orang lain, maka kita akan mendapat ide, gagasan, pengetahuan dan pengalaman orang lain." ujar Om Jay yang juga dijuluki Guru Blogger Indonesia  


Menurut Om Jay,seseorang yang tidak bisa menulis, karena malas membaca. "Jika malas tidak mau membaca tulisan orang lain, maka kita akan mengalami kebuntuan ide. Karena merasa tulisan kita sudah bagus, kadang kita merasa paling hebat sehingga tidak mau membaca tulisan orang lain. Jangan sombong," ungkap Om Jay yang mendapat gelar doktor di bidang teknologi pendidikan.  


Om Jay memberikan tips agar bisa mempraktikkan ilmu yang didapat dengan cara menulis. "Jika kita mau lulus pelatihan menulis, maka setiap hari harus menulis. Cobalah belajar hal-hal yang baru, kemudian tulislah hal-hal yang kita sukai, kita kuasai, dan yang dekat di sekitar kita," ungkapnya.


Awal suka menulis karena sering menulis di blog. "Perjumpaan dengan Dedi Dwitagama ketika kuliah S2 membuat saya seluk-beluk blog. Blog itu perekam ajaib. Saya manfaatkan sebagai media pembelajaran dan menulis apa yang saya suka. Karena suka menulis di blog, saya mendapat juara pertama lomba blog dari pusat bahasa tahun 2009 dan diundang ke istana Presiden," jelasnya.


Om Jay memberikan trik agar tulisan di blog bisa dijadikan buku. "Jika tulisan kita sudah banyak di blog, maka bisa kita jadikan buku. Bahkan, seringnya menulis di blog di Kompasiana saya dapat penghasilan tambahan. Jadi, gak ada yang susah untuk mempraktikkan menulis setiap hari." terangnya.


“Menulislah itu dari hati,maka kita akan menuai prestasi dan tulisan kita akan sampai ke pembaca setiamu,” wejangan Om Jay kepada seluruh peserta.




Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

9 $type={blogger}

Write $type={blogger}
Helwiyah
AUTHOR
9 Januari 2023 pukul 08.41 delete

Kenapa mengulang bro...?semangat yooo.....

Reply
avatar
Agus Fanani
AUTHOR
9 Januari 2023 pukul 08.47 delete

Tulisannya sangat inspiratif dan informatif, sukses selalu

Reply
avatar
LELY SURYANI
AUTHOR
9 Januari 2023 pukul 08.56 delete

Wah.. ini beneran Uncle D ikut belajar menulis?..
Hehee.. jadi malu akunya..

Reply
avatar
9 Januari 2023 pukul 19.13 delete

subhanallah. resume yang apik--bagus dan lengkap. Semoga jadi buku
semangat.

Reply
avatar
9 Januari 2023 pukul 21.02 delete

tingal sedikit diedit supaya lebih enak dibaca, terima kasih

Reply
avatar
Deni Darmawan
AUTHOR
16 Januari 2023 pukul 22.18 delete

Iya om Jay. Nanti pas dibukukan akan diedit ulang

Reply
avatar
Ali Syaipudin
AUTHOR
20 Januari 2023 pukul 03.12 delete

Mantap pak ilmu nya semoga berkah ya amin

Reply
avatar
Sim Chung Wei
AUTHOR
26 Januari 2023 pukul 05.11 delete

Keren... mantab resumenya

Reply
avatar