Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Jumat, 13 Januari 2023

Belajar Menulis Uncle Den

Aam Nurhasanah : Rajin Menulis Hingga Berbuah Manis

 

Tidak pernah terbayangkan oleh Aam Nurhasanah bisa menulis dan menerbitkan buku. Semenjak mengikuti pelatihan menulis, Mpok Aam, begitu ia disapa, ia belajar dan terus belajar oleh para penulis hebat hingga akhirnya mempunyai mahkota, yaitu sebuah buku.


Bagi Aam, proses belajar menulis harus dinikmati. Walaupun pernah gagal karena tidak lulus pelatihan menulis sebelumnya, tapi motivasinya tidak surut, Mpok Aam mampu membuktikan bahwa ia bisa menulis dan memiliki beberapa karya.


Bagi Mpok Aam, jangan pernah menyerah untuk menggali potensi hingga mengukir prestasi. Mulailah dengan hal-hal yang kita sukai. Kita semua diberikan peluang dan kesempatan yang sama untuk menggali potensi diri dan  meraih prestasi.


Berkat bergabung dengan pelatihan penulis, Mpok Aam mulai suka dan menekuni dunia tulis-menulis. Mpok Aam mulai menulis apa yang ia sukai, kuasai dan alami. Cobalah untuk belajar menulis apa saja, mulai dari puisi, pantun, cerpen, novel atau menulis dari berbagai genre lainnya yang bisa memberikan inspirasi untuk semua orang.


Bagi penulis pemula, Mpok Aam juga pernah mengalami kendala secara psikis. Untuk memulai menulis, ia merasakan kurang pede, merasa jelek tulisannya, takut kalau dibully, penuh keraguan dan perasaan-perasaan aneh yang timbul dalam diri. Karena kendala psikis, Mpok Aam hanya menyimpan naskah tulisannya dan membiarkan ide itu menguap dan terbang bebas hingga berlalu begitu saja.


Aam pernah tidak lulus saat pelatihan menulis gelombang ke-delapan. Sempat jatuh, tapi Mpok Aam selalu memompa semangat dalam diri hingga ia ikut kembali gelombang lainnya dan bisa lulus pada gelombang ke-12. Pantang menyerah dan meyakinkan diri, bahwa kita pasti bisa asal berusaha dan percaya diri.


Setiap narasumber memberikan materi pelatihan di grup Whatsapp, Mpok Aam selalu bersemangat. Apalagi ketika Bu Kanjeng memberikan materi, semangat semakin berkobar. Buku antologi pertama mpok Aam rilis dan ia menjadi penulis urutan pertama dari 42 penulis se-Indonesia. Tak terbayangkan bisa menulis buku, senang rasanya bukan kepalang, nama kita ada di cover buku.


Semua seperti mimpi ketika Mpok Aam bisa memiliki buku. Bahkan, ketika buku pertama terbit, banyak peserta yang pesan buku untuk dijadikan panduan membuat buku dari hasil resume. Buku solo pertama Mpok Aam bisa keliling Indonesia. Bahagia yang tak terkira.


Setelah lulus dari pelatihan menulis gelombang ke-12, Mpok Aam mulai mengabdikan diri untuk menjadi moderator. Karena seringnya menjadi moderator dalam kelas pelatihan menulis dan public speaking, Mpok Aam ingin berbagi pengalaman. Akhirnya, terbitlah buku ke-dua dengan judul “Kunci Sukses Menjadi Moderator Online”.


Mantra Om Jay “Menulislah setiap hari buktikan apa yang terjadi” sangat berpengaruh ke Mpok Aam. Mpok Aam berusaha untuk bisa menulis setiap hari dan membukukn setiap pengalaman sehingga menjadi jejak literasi.


Menerima Tantangan Menulis


Dengan tekad yang bulat, Mpok Aam menerima tantangan dari Prof. Eko Indrajit, menulis satu minggu menjadi buku. Dengan ketekunan dan pantang menyerah, naskah Mpok Aam lolos seleksi dan diterima di penerbit mayor, penerbit Andi. Buku hasil kolaborasi Mpok Aam dan Prof. Eko Indrajit bisa terpampang di etalase toko buku Gramedia. Tidak hanya buku cetak, e-booknya juga ada.


Kini, mimpi Mpok Aam makin hari makin terwujud. Tak pernah terbayangkan, ia bisa menulis buku hingga terpajang di toko buku terbesar seperti Gramedia. Jangan pernah bermimpi. Sebab, suatu hari mimpi kita bisa terwujud. Dengan niat dan usaha, Allah akan memudahkan jalan untuk meraih mimpi-mimpi kita.


Tidak hanya itu, Mpok Aam juga mengikuti lomba Blog. Ia terpilih menjadi 10 besar yang masuk nominasi dan mendapat webcam. Dengan semangat yang tak pernah padam, Mpok Aam kemudian mengikuti lomba blog PGRI. Alhasil, ia meraih juara satu pada bulan Maret 2021.


Dengan semangat dan motivasi dalam diri, Mpok Aam menelurkan buku solo yang ke-tiga. Buku ini kisah seorang penulis yang konsisten menulis selama 28 hari tanpa jeda. Isi buku ini banyak memberikan inspirasi kepada pembaca.

Tidak hanya menjadi penulis, moderatos, Mpok Aam juga ingin menjajali bagaimana menjadi kurator. Kurator adalah penanggung jawab buku, mulai dari pengumpulan naskah, biaya, merapihkan dan juga mengedit. Bersama dengan Bu Kanjeng, Mpok Aam selalu menjadi kurator buku antologi.


Ada hal yang menarik juga tantanga bagi Mpok Aam. Ada seorang murid yang bernama Juminah, ia dan setelah lulus ia bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi.  Juminah bekerja untuk membantu ekonomi keluarga dan menjadi tulang punggung untuk membiayai sekolah adik-adiknya.


Suatu hari, Juminah ingin menulis novel.  Tulisan dikirim melalui chat di Whatsapp. Mpok Aam pun dengan sabar membaca dan mengedit novelnya. Akhirnya, Juminah mempunyai novel kisah cinta yang menarik dan memberikan inspirasi kepada pembaca. Di waktu kesibukannnya, Juminah masih sempat menulis novel. Luar biasa semangat Juminah. Sambil bekerja tapi masih bisa menulis.


Mpok Aam amat terharu setelah membaca novel Juminah. Sebagai guru, Mpok Aam bangga ada muridnya yang bisa menulis novel. Begitu besarnya perjuangan, pengorbanan dan menemukannya cinta sejatinya selama bekerja lima tahun di luar negeri.


Pengalaman itu mengantarkan Mpok Aam menjadi editor. Mpok Aam terus membantu rekan-rekan guru yang ingin menerbitkan buku.


Semu proses dan pengalaman itu, akhirnya Mpok Aam menerbitkan bukunya yang ke-empat dengan judul “Rajin Menulis Berbuah Manis”.


Nikmati prosesnya, pompa terus semangatnya dengan bergaul dengan sesama penulis, jangan pernah takut untuk memulai menulis. Raih mimpi menjadi penulis hebat. 





Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

15 $type={blogger}

Write $type={blogger}
13 Januari 2023 pukul 06.28 delete

Luar biasa resumenya. Semangatttttttt buat Pak Dosen.

Reply
avatar
13 Januari 2023 pukul 06.53 delete

Mantap pak👍🏻 mohon mampir ya pak: https://deasyp.blogspot.com/2023/01/menulis-menemukan-potensi-diri.html

Reply
avatar
13 Januari 2023 pukul 06.58 delete

Resume nya komplit euyy.. Menggambar kan mpok aam dengan lengkap dan jelas.. Mantap pakk

Reply
avatar
Desi Diana
AUTHOR
13 Januari 2023 pukul 07.03 delete

Wah, Pemaparan sangat menarik, sudut pandangnya keren... mengalir dan renyah

Reply
avatar
Afif Afandi
AUTHOR
13 Januari 2023 pukul 07.07 delete

Luar biasa pak resumenya

Reply
avatar
13 Januari 2023 pukul 08.44 delete

Mantap, bila berkenan silahkan mampir http://lilik-kistiana.blogspot.com/

Reply
avatar
13 Januari 2023 pukul 14.32 delete

Mantap surantap, ditunggu tulisan selanjutnya

Reply
avatar
13 Januari 2023 pukul 15.01 delete

Terpengarah, dmk setelah melihat dan membaca resume pak Dani yg sangat luar biasa. Terima kasih pak, resume yg begitu menarik. Semoga makin sukses

Reply
avatar
Deni Darmawan
AUTHOR
13 Januari 2023 pukul 20.54 delete

Terima ksh kùnjungannya. Semoga kita terus belajar dan belajar.

Reply
avatar