Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Selasa, 31 Agustus 2021

Belajar Menulis Uncle Den

MENUSA Gelar Seminar Belajar dan Kepenulisan



Komunitas Mengintip Nusantara (MENUSA) menggelar Seminar Cahaya Indonesia Sesi Kemerdekaan dan Charity secara virtual pada Minggu (29/07/2021). Adapun narasumber pada seminar ini adalah Deni atau biasa disapa Uncel D merupakan founder belajarmenulis.id dan Komunitas Belajar Menulis (KOMBIS).

Deni membangun komunitas belajar menulis.id dan KOMBIS agar masyarakat Indonesia bisa terampil dalam menulis dan meningkatkan budaya menulis. Selain itu, menjadi upaya untuk meningkatkan literasi di Indonesia agar terus berkembang.

Deni mengungkapan segudang pengalaman menulis yang pernah ia jalani. “Sewaktu masih kuliah, saya sudah terjun ke media cetak surat harian Indo.Pos. Saya menulis kolom remaja Deteksi.Indo.Pos. Setelah terjun menjadi wartawan, saya akhirnya tidak menulis lagi. Setelah jadi dosen, saya aktif menulis lagi. Mulai menulis website kampus hingga menulis e-book,” ujar Deni yang juga dosen di Universitas Pamulang.


Menurut Deni, guru menjadi pengalaman terbaik. “Saya suka dengan tantangan. Semua saya cobai, termasuk mengikuti kegiatan menulis. Dari menulis diary, mading, blogspot, hingga menulis artikel di media massa. Semua sudah pernah saya lakukan. Pengalaman-pengalaman itu menjadi guru terbaik saya,” terang penulis website keagamaan UNPAM ini.

Deni juga membeberkan segudang pengalamannya dalam mengasah keterampilan menulis. “Menurut saya, menulis itu soal praktik dan terus latihan, bukan soal bakat. Kebiasaan menulis harus dibangun. Dulu, saya suka membawa pulpen dan kertas. Saya tulis apa saja, termasuk mengikuti kegiatan seminar. Berbagai kegiatan saya ikuti, dari berbayar hingga gratis. Saya juga sering mengikuti berbagai komunitas agar selalu menulis,” ungkapnya.

Seorang siswa, guru, mahasiswa, dosen atau siapapun ia harus bisa menulis. “Membaca dan menulis itu perintah Tuhan. Membaca untuk menambah pengetahuan, menulis untuk menyebarkan pengetahuan dan membangun peradaban. Menulis juga sebagai usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Deni penuh semangat.

“Kita semua adalah agen perubahan (agen of change) bagi diri sendiri dan lingkungan kita. Untuk mewujudkan generasi emas 2045, mari kita wujudkan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Salah satunya dengan kegiatan menulis. Menulis juga sebagai warisan karya yang akan kita tinggalkan,” tutup Deni sambil memberikan hadiah buku bagi penanya terbaik.

Kontributor : Deni Darmawan dan Lala Latifatul Amaliyah

Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :