Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Kamis, 01 Februari 2024

Belajar Menulis Uncle Den

Resensi Buku "Dilan, Dia Adalah Dilanku Tahun 1991"

 



Judul buku : Dilan, Dia Adalah Dilanku Tahun 1991

Penulis : Pidi Baiq

Jumlah halaman : 344 halaman

Penerbit : Pastel Books

 

“Dilan 1991” adalah novel yang ditulis oleh Pidi Baiq dan diterbitkan pada tahun 2014. Novel ini merupakan sekuel dan novel sebelumnya, “Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990”. Cerita dalam novel ini berfokus pada hubungan antara tokoh utama, Dilan dan Milea, yang berlatar belakang pada tahun 1991 di Bandung, Jawa Barat.


Baca juga : Resensi Buku Jika Kita Tak Pernah Baik-baik Saja


Novel “Dilan 1991” mengisahkan tentang perjalanan cinta Dilan dan Milea yang semakin rumit dan penuh liku. Di tengah kehidupan sekolah dan kegiatan sehari-hari, mereka harus menghadapi berbagai tantangan dan cobaan yang menguji hubungan mereka. Keberanian Dilan dalam melindungi dan mendukung Milea, serta cinta mereka yang tumbuh semakin kuat, menjadi inti dari cerita ini.

 


Kelebihan buku :

1.      Novel ini menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan lugas, sehingga membuat cerita mudah dipahami dan diikuti oleh pembaca dari berbagai kalangan, termasuk remaja.

2.      Karakter Dilan berhasil menggambarkan sosok yang unik dan menarik seperti keberaniannya, kecerdesannya, dan sikap romantisnya yang berhasil membuat pembaca terpikat dengan karakter tersebut.

3.      Novel ini berhasil menghadirkan atmosfer nostalgia tahun 1990an dengan baik.


 Baca juga : Resensi Buku A+


Kekurangan buku :

1.      Beberapa elemen dalam cerita seperti tokoh antagonis yang terlalu jahat dan tentang peran gender, terkadang terkesan klise dan tidak mendalam.

2.      Plot dalam novel ini tergolong sederhana dan tidak menawarkan kejutan yang besar.

 

 

Profil Penulis



Agus Suryanto, lahir pada tanggal 20 November 1999. Menyelesaikan pendidikan di MI dan MTS Al-Mursyidiah pada tahun 2012 dan 2015, kemudian menyelesaikan pendidikan menengah atas di Ponpes Fathan Mubina Islamic Boarding School pada tahun 2019. Sekarang tengah menempuh pendidikan di Universitas Pamulang Fakultas Agama Islam, dan mengambil jurusan Ekonomi Syariah. Penulis bisa di hubungi melalui Instagram:@


Tulisan ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi kombisindonesia.com

**)  Rubrik opini di KOMBIS Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah sekitar 600 atau 700 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: belajarmenulisid@gmail.com

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi Kombis.

**) Bagi penulis yang artikelnya sering diterbitkan akan mendapat merchandise Kombis.





Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 $type={blogger}:

Write $type={blogger}
1 Februari 2024 pukul 03.25 delete

Ternyata penulisnya ini,,kombis keren

Reply
avatar