Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Jumat, 03 Februari 2023

Belajar Menulis Uncle Den

Profesor Ngainun Naim : Begini Resep Menulis Mudah Ala Ngainun Naim

 

Karikatur Ngainun Naim/ Ilustrator Deni Darmawan (dokpri)


“Menulis itu mudah, asal tahu resepny,” ujar Prof. Dr. Ngainun Naim, seorang guru besar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang memberikan materi “Menulis itu Mudah” pada Rabu (25/1/2023) kepada seluruh peserta Komunitas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) angkatan ke-28 melalui Whatsapp group.


 Ia pun membagi resep agar menulis menjadi mudah. Resep pertama, menulislah yang dialami. Kedua, menulis tentang perjalanan. Ke-tiga, jangan menulis smabil dibaca lalu edit. Ke-empat, menulis secara ngemil. Jika semua resep itu bisa kita lakukan, insyaAllah menulis jadi lebih mudah.

Ngainun adalah seorang dosen dan kini, ia sudah menjadi guru besar dan bergelar profesor. Itu semua, berkat kemampuan menulisnya yang semakin terasah dan semakin membahana. Kerja kerasnya selama ini, membuahkan hasil. Ia sudah menulis 40 buku, artikel di koran, 90 buku antologi. 30 kata pengantar, jurnal dan ribuan essai. artikel populer dan tulisan di berbagai blog lainnya.

Resep Menulis itu Mudah

Ngainun memberikan resep menulis itu mudah. Pertama, menulislah yang kita alami dan kita ketahui. Ceritakan kisah atau peristiwa yang kita alami, kita rasakan , dengar dan lihat. Misalnya, hari ini kita bertemu dengan penulis favorit kita, maka tulislah suasana kebahagiaan itu, apa yang kita alami dan rasakan.

Begitu juga dengan hal-hal yang kita ketahui. Semakin banyak kita tahu sesuatu hal, maka akan semakin mudah kita menuliskannya. Proses membaca dan berdiskusi dengan para ahli sangat penting untuk memperoleh pengetahuan seluas-luasnya.

Ke-dua, menulis tentang perjalanan. Ketika kita pergi ke suatu tempat yang indah, maka tulislah. Ketika pergi haji atau umroh, maka apa yang lakukan, lihat, rasakan dalam perjalanan bisa kita tulis. Jika ketika berada di dalam bus, di tengah perjalanan bisa kita tulis di aplikasi notebook di ponsel pintar, atau kertas dengan mencata item-item yang akan kita uraikan saat suasana sudah tenang dan nyaman.

Ke-tiga, menulis sambil dibaca lalu diedit. Yang membuat tulisan tidak selesai jika menulis sambil dibaca dan diedit. Menulis, membaca dan mengedit adalah hal yang berbeda. Ngainun memberikan saran, agar menulislah dulu semua ide dan gagasan kita yang muncul. Jangan bersamaan sambil menulis, dibaca dan diedit. Tapi tulislah dulu hingga selesai, lalu endapkan. Kemudian, ke-esokkanny atau di lain waktu kita bisa membaca kembali dan mengeditnya. InsyaAllah, beres.

Ke-empat, menulis secara ngemil. Ibaratnya, seperti ngemil kacang. Sedikit-sedikit, lama-lama habis juga. Menulis setiap hari, walaupun hanya satu atau dua paragraf. Ngainun selalu menulis jurnal 1 atau 2 paragraf, siangnya ketika sampai kantor, ia menulis blog hanya beberapa paragraf saja. 

Walaupun cuma sedikit, yang penting menulis setiap hari. Menulis setiap hari bisa dilakukan di pagi hari atau malam hari. Kita bisa pilih waktu senyaman mungkin agar bisa menulis setiap hari. Menulis seperti cara ngemil, akan mempermudah kita menulis apa saja. Jika tulisan kita sudah banyak, maka bisa kita bukukan.




 
Kunci Menulis Mudah

Menurut Ngainun, kunci pertama adalah mindset yang menentukan sudut pandang terhadap sesuatu hal. Apakah menulis itu mudah atau sulit, tergantung mindset-nya. Jika mindset kita bilang menulis itu mudah, maka menulis itu akan mudah. Jika mindset sudah bilang menulis susah, maka akan susah. Yakinlah dalam diri, ucapkan dan buatlah semacam tulisan dan tempel di dinding bahwa menulis itu mudah.

Kunci ke-dua adalah memiliki tekad yang kuat. Jika seseorang mempunyai tekad yang kuat untuk belajar, maka ia bisa menulis dengan baik. Tekad yang kuat akan mengantarkan kita menjadi penulis andal. Tekad kuat itu membuat kita tidak gampang menyerah dari keadaan. Tekad yang kuat akan mengatasi segala hambatan, baik hambatan dari fisik atau psikis.

Tekad yang kuat itu akan menepis hambatan psikis seperti merasa takut, malu, merasa jelek, rasa malas, merasa gak bisa, dan semua perasaan yang muncul dari psikis. Awal menulis akan banyak kekhawatiran, dan pikiran yang aneh-aneh yang muncul. Menurut Ngainun, cobalah berani untuk menulis agar muncul kepercayaan diri. Bukankah dulu, saat kita pertama kali mengajar malah gak karuan, kebingungan harus ngapain. Akhirnya, kita pun bisa mengajar dan menyesuaikan dengan keadaan.

Kunci ke-tiga adalah banyak membaca.  Membaca dengan cara dinikmati. Mau cepat atau lambat, harus bisa dinikmati dan bisa mengambil kesimpulan dari ide dan gagasan yang disampaikan. Seorang penulis harus banyak membaca. Semakin banyak pengetahuan yang dimilikinya, maka akan semakin mudah menuliskannya.

Membaca bukan soal khatam saja, tapi bisakah kita mengambil pesan, ide dan gagasan dari sebuah buku yang kita baca kemudin diuraikan kembali dengan gaya bahasa kita. Untuk bisa mengambil kesimpulan dari apa yang kita baca, maka harus dinikmati, dihayati dan diresapi. Buat apa baca cepat tapi tidak bisa dinikmati.

Orang yang banyak membaca tapi tidak menulis, ibarat pohon subur tapi tidak berbuah. Orang yang banyak membaca tapi menulis, ibarat pohon yang subur dan berbuah. Membaca dan menulis seperti dua mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

Kunci ke-empat adalah menambah jam terbang. Ibarat supir yang menyetir mobil dengan halus dan nyaman, maka jam terbang menyetir mobil sudah tinggi. Begitu juga menulis, kunci agar menulis itu mudah selalu menambah jam terbang untuk terus praktik menulis setiap hari. Seorang sejarawan Kuntojoyo mengatakan, agar bisa menulis yaitu membaca, menulis, menulis, membaca, menulis dan menulis.

Kunci ke-lima adalah sabar menjalani proses menulis. Kesabaran yang disertai keuletan akan membuahkan hasil. Proses untuk bisa menulis yang enak dibaca dibutuhkan waktu, prosensya tidak instans. Semua butuh pengorbanan, keuletan dan tahan banting. Sabar menjadi kunci agar proses menulis menjadi mudah. Ke-lima kunci itu jika kita lakukan, maka menulis akan lebih mudah, InsyaAllah. 


Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :