Recent Posts

Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Menginspirasi Anak Negeri

Rabu, 12 April 2023

Belajar Menulis Uncle Den

Deni Darmawan Didaulat Menjadi Narasumber Pelatihan Menulis di Program Ramadhan Mahasiswa Unpam

 

coffee.jpg (709×408) (tintahijau.com)


Pelatihan Menulis di bulan Ramadhan digelar Kamis (30 Maret dan 6 April 2023). Kegiatan ini diprakarsai oleh Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang (LKK-Unpam). Pelatihan menulis dilakukan selama dua hari.


Pelatihan digelar di masjid Darul Ulum Witana kampus 3 Universitas Pamulang. Kegiatan ini sebagai upaya agar mahasiswa lebih terampil menulis.


Narasumber kegiatan ini adalah Deni Darmawan, dosen Unpam dan penulis puluhan artikel reportase, artikel opini dan juga buku. Kegiatan ini terbuka untuk seluruh mahasiswa dari berbagai prodi yang ingin memperdalam dunia penulisan.


Dalam pemaparannya, Deni menyampaikan pentingnya membaca sebelum menulis. Jika kita mau menjadi penulis andal harus doyan membaca.


foto-1-6434332808a8b555ed737ac3.jpg (740×472) (kompasiana.com)

Baca juga Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa, LKK-Unpam Gelar Pelatihan Menulis di Bulan Ramadan.


Di dalam surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5 adalah perintah membaca dan menulis. Membaca dulu baru menulis. Kenapa harus membaca? iqro bismirabbika ladzii kholakyaitu bacalah dengan menyebut Tuhanmu. Membaca adalah titah Tuhan.


Dalam ayat tersebut, bukan hanya membaca secara tekstual tapi juga kontekstual. Tapi untuk mengajarkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan dari hasil membaca kemudian kita tuliskan. “Alladziina ‘allama bil qolam” yang mengajarkan manusia melalui perantara qalam/pena.




Membaca dan menulis (iqro dan qalam) menjadi literasi dasar.  Keduanya adalah perintah agama untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan menyebarkannya dengan tulisan kepada masyarakat luas.


Menulis Reportase


Deni menjelaskan beragam tulisan, diantaranya adalah teknis menulis reportase dan opini. Keduanya adalah tulisan populer di media massa.


Reportase asal kata dari report yaitu laporan. Namun, laporan yang disajikan di media massa tentu berbeda dengan laporan kegiatan yang ada di organisasi. Laporan atau reportase di media massa mempunyai struktur dan karakteristik yang berbeda.


Struktur artikel reportase yaitu judul, lead, badan berita dan penutup. Judul jangan terlalu panjang, usahakan singkat, padat dan menarik. Sedangkan lead pada reportase di paragraf pertama dan kedua memenuhi unsur 5W (who, what, when, where dan why) + 1H (how).


silahkan baca juga Jurnalis Milenial di Era Digital


Badan berita berupa uraian yang berisi rincian dan 5W + 1H tersebut. Tapi lebih banyak unsur why dan how-nya. Sedangkan penutup memuat berita yang tidak terlalu penting.


Penulisan reportase juga disertai foto. Foto harus sesuai dengan sudut pandang yang disampaikan (angel). Foto sebagai penguat narasi yang sudah dipaparkan.




Penulisan reportase juga harus ringkas dan padat. Berita disajikan dengan mudah dan menggunakan kalimat yang efektif. Jangan bertele-tele, muter-muter gak jelas. Bahasa jurnalistik itu mudah dipahami oleh semua kalangan.


Di era gital ini sangat memudahkan menulis berita. Asal tahu teknik menulis berita dan menyajikannya dengan baik. Manfaatkan era ini untuk menulis berita kegiatan agar masyarakat luas tahu. Semua itu akan menjadi rekam jejak digital yang positif untuk kita.


Menulis Opini


Artikel opini itu adalah pendapat dan pemikiran penulis. Ide dan gagasan penulis disampaikan melalui tulisan dan dikirim ke rubrik artikel opini di media massa. Artikel opini murni dari pendapat dan pemikiran penulis.


Struktur artikel opini mempunyai karakter yang berbeda. Strukturnya yaitu judul, lead, badan berita dan penutup. Judul harus menarik agar redaktur memilih artikel anda. Judul pendek, singkat dan padat. Isu yang dipilih adalah hal yang relevan saat ini.




Lead artikel opini ada di paragraf pertama dan kedua. Berupa ide dan gagasan penulis yang berbeda dan bernilai kebaruan (novelty). Ada ide dan gagasan yang menarik perhatian redaktur, sehingga ketika membaca lead, ingin membaca keseluruhannya. Lead menjadi kunci agar pembaca bisa menentukkan selanjutnya, apakah artikel ini dilanjutkan membaca atau tidak.


Baca juga Gebrakan Menulis Artikel Populer


Badan artikel berisi tentang uraian ide dan gagasan penulis yang sudah dikemukkan oleh penulis di awal peragraf. Analisa dan pandangan penulis terhadap ide dan gagasannya dianalisa dan dipaparkan oleh penulis untuk menyakinkan pembaca. Boleh diberikan cantumkan referensi, namun cukup 2 saja.


Hal itu untuk menguatkan analisa dan argumen penulis serta menjaga kemurnian keaslian pendapat dan pemikiran penulis. Jika kebanyakan referensi sudah tidak murni lagi pendapat dan pemikiran penulis. Data-data yang valid juga boleh dimasukkan untuk menguatkan pendapat dan analisa kita.


Penutup artikel opini bisa berupa kesimpulan, saran, motivasi dan harapan-harapan penulis. Boleh juga dimengutip kata-kata tokoh ternama untuk menguatkan pendapat kita.




 

Belajar Menulis Uncle Den

About Belajar Menulis Uncle Den -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

2 $type={blogger}

Write $type={blogger}
12 April 2023 pukul 16.28 delete

https://www.klikpendidikan.id/news/3588444582/pasca-bebas-dari-lapas-suka-miskin-anas-urbaningrum-langsung-mudik-lebaran-di-kampung-halaman-di-pasuruan

Reply
avatar